Waduk Cirata


Wisata jelajah adalah salah satu rutinitas Saya yang menyenangkan di hari Minggu pagi. Kali ini Saya akan mengajak Anda ke Waduk Cirata. Mengapa? Mengacu pada wisata jelajah, tentu temanya adalah dekat dan murah. (Jangan sampai lupa password, ya!) šŸ™‚ Saya agak lupe rutenya, karena waktu itu yang menyetir adalah mantan, hehe. Jadi Saya mendapat sedikit bantuan dari mbah google dan peta (tentunya!) šŸ™‚

Rute yang dapat Anda ambil dari Bandung, adalah:

1.Bandung-Cimahi-Ngamprah-Saksaat-Cikalongwetan-Cipeundeuy

2.Bandung-Parongpong-Cisarua-Warungkupa-Dano-Cikalongwetan-Cipeundeuy

Kalau tidak salah, waktu itu Saya mengambil rute pertama. Jalannya cukup lebar, mulus serta memerlukan waktu kurang lebih dua jam. Perjalanan kali ini tidak memerlukan bujet untuk tiket masuk, cukup pikirkan bensin dan ongkos jajan saja. šŸ™‚ Saya sarankan sebelum menuju kesini, Anda sudah membeli makanan kecil, karena disana toko yang menjual makanan sangat terbatas. Sesampainya disana, Saya mencari bale-bale di sebelah kiri jalan. Jadi, konsep Kita adalah piknik. Tidak banyak kegiatan yang bisa Saya lakukan disini selain sightseeing dan fotografi, karena Saya belum mengerti cara memancing. Cuaca menjelang siang di waduk cukup panas. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan dan kaus kaki agar tidak terkena sunburn.

Waduk Cirata terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Cirata terbentuk dari adanya genangan air seluas 62 km persegi akibat pembangunan waduk yang membendung Sungai Citarum. Genangan waduk tersebut tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Cianjur, Purwakarta dan Kabupaten Bandung. Genangan air terluas terdapat di Kabupaten Cianjur, yang kemudian dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata rekreasi berbasis air. (http://www.terranet.or.id/tulisandetil.php?id=1405)

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, dapat dsalurkan disini. Sebagai referensi, Anda dapat mengunjungi situs berikut. (http://www.fishyforum.com/fishyfresh/fishywild/fishyreport/12678-gatget-waduk-cirata.html) Jika Anda mau, Anda dapat melakukan wisata 3 waduk sekaligus dalam 1 hari dari Bandung, dimulai dari Waduk Saguling di Cililin-Waduk Cirata di Cikalongwetan-Waduk Jatiluhur di utara Cikalongwetan. Waduk ini sering dijadikan rute car driver test, touring atau cycling.

Laporan Biaya Perjalanan

Bensin Rp 20.000,00 (pulang-pergi) sudah sangat-cukup-sekali (untuk motor)

Makanan dan minuman ringan masing-masing dua jenis Rp 20.000,00

Total Rp 40.000,00. Cukup murah bukan? Tertarik? Hayu wisata jelajah! Buka mata lebar-lebar untuk melihat keindahan alam di sekitar kita!

5 thoughts on “Waduk Cirata

  1. Hardi Uco April 5, 2010 / 1:38 pm

    mancing disitu seru lo..
    n
    masuk ke pembangkit listrik nya gak? kayak underground mining lo..

  2. travellingaddict April 28, 2010 / 9:56 pm

    gak boleh masuk ke pembangkit listriknya ga sih kalo ga salah? kayaknya emang seru kalo bisa mancing disana, tapi aku ga bisa mancing, hehehe

  3. Asmin August 31, 2010 / 10:05 am

    nice info

  4. Hardi Uco February 13, 2011 / 10:18 pm

    boleh tapi harus izin dulu… waktu itu aku ikut bareng rombongan dari universitas

  5. Didin Bachtiar November 15, 2011 / 1:34 pm

    mancing seru sayang kalau ampe ga bisa, mudah kok, modalnya murah cukup sabar dan malas saja.. xi..xi.xi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s