(Supposed To Be) Short Trip To Cianjur

Berawal dari pelatihan leadership di Cibulan, Agustus 2015 kemaren. Karena ngga ada yang bisa ditebengi, aku berangkat ke Puncak naik bis dari Terminal Kampung Rambutan. “Bisnya warna putih neng, namanya Marita,” kata orang kantor. Pas udah naek, ternyata cepeet, berangkat jam 10 pagi, sampe puncak jam setengah 12 siang, bisnya adem lagi. Kayaknya trip Jakarta-Cianjur doable in one day weekend. Ada apaan ya di Cianjur? Dari hasil browsing dan selera pribadi, ada Pantai Arfa, Situs Megalitik Gunung Padang, Taman Bunga Nusantara, Curug Citambur, dan Curug Cikondang. Tujuan jalan-jalan, mau test skill kamera (woman behind the gun-nya yang diuji, bukan kameranya). 😀

Taman Bunga Nusantara pas di puncak, takes time kalo turun, trus naek bis ke Cianjur lagi. Pantai Arfa coret, karena letaknya di Selatan, takes time juga. Curug Citambur sebenere keren, ada 2 air terjun gitu. Ane dah ngebayangin pake shutter speed cepet, airnya keliatan putih kayak yang di background komputer gitu. Tapi jauh, 6 jam. 😦 Tinggal Situs Gunung Padang sama Curug Cikondang. Naek ojek ke-2 tempat itu, 120rb PP, ditungguin sama ojeknya. Pas browsing lagi, ada terowongan kereta tua yang spooky di Stasiun Lampegan, searah Situs Gunung Padang. Katanya, kalo mau ke Situs Gunung Padang, lebih deket turun di Stasiun Warung Kondang (sebelum stasiun Cianjur, CMIIW). Kepikiran, apa naek kereta aja ya, lihat jadwal keberangkatan, Bogor-Cianjur (08.00-11.00), Cianjur-Bogor (14.00-17.00), cuma ada waktu 3 jam, ngga bisa kemana-mana. Yaudah, stick to the plan, naek bis.

Cianjur1

Jakarta-Cianjur Trip Plan Took 5.5 Hours

Pas lihat detail rute di google maps, estimasi Terminal Kampung Rambutan Jakarta – Terminal Rawa Bango Cianjur 2.5 jam, Terminal Rawa Bango Cianjur – Curug Cikondang – Situs Gunung Padang – Terminal Rawa Bango Cianjur 3 jam, plus foto-foto 2 jam, total 5 jam. Ane berangkat jam 8, bis ngetem 1 jam, sampe Cianjur jam 11 (ane pastiin jam segitu pas lagi 1 arah ke Puncak). Pulang ke Jakarta jam 4 sore, kemungkinan bis Cianjur-Jakarta masih ada dan jam segitu pas lagi 1 arah ke Jakarta. Thats the plan. Kenyataan berbicara lain.

Tol JORR ke Ciawi macet sodara-sodara. Jam 11 siang masih di Ciawi, jam setengah 1 baru sampai Cibulan. Rencananya ane turun, di Pengadilan Negeri Cianjur, mustinya bis liwat kalau tujuan akhirnya Terminal Rawa Bango (mau kulineran). Tapi pas di perempatan, dia belok ke kanan (harusnya lurus). First hunch, i supposed to stop here kalo mau ke Rawa Bango, tapi karena arahnya searah sama Gunung Padang, gw belom turun, mau liat sampe mana dia berenti, was was juga sih kalo kebawa sampe Bandung, hahaha. Ternyata Rawa Bango itu terminal lama, terminal barunya Cianjur di Pasir Hayam. Ada mas-mas baek ngasih tau, “mbak kalo mau ke Rawa Bango naik bis arah Bandung aja di pintu masuk Terminal Pasir Hayam, harganya 10rb”. Pas gw tanya, deketan mana kalo ke Gunung Padang, “naek ojek dari Rawa Bango aja.” (menurut ane, deketan dari Pasir Hayam, called it second hunch, tapi mari kita coba, itu udah jam 2 siang.) Gw jalan ke kumpulan bis Marita, nanya bis paling malem ke Jakarta jam berapa, katanya ada terus. Aman deh kalo kemalemen. Sambil jalan, gw amatin gak ada ojek di luar dan di dalem Terminal Pasir Hayam, ada 1 orang nawarin, tapi gw gak nanya harga. Karena udah sore, gak jadi ke Curug Cikondang, seinget gw kalo ke Situs Gunung Padang dr Terminal Rawa Bango, PP 3 jam, jadi masih sempet ngejar bis jam 5 sore ke Jakarta. Sempet ngicip es degan segar 3rb di Terminal, slurps! 🙂 Sampe Rawa Bango jam setengah 3, langsung nego sama ojek, 150rb ane tawar 120rb (batas bujet 200rb) PP & ditungguin.

Meluncurlah kami ke lokasi, di sisi kiri kanan jalan pemandangan sawah terawat, ga heran Cianjur terkenal berasnya. 🙂 Liat di internet, gak ada transportasi ke Gunung Padang. Kalo naik Marita bisa turun di Rancagoong, naik ojek/angkot ke Jalan Nasional III, belok kiri, naik angkot abu pink no 43 turun di pertigaan ada tulisan Stasiun Lampegan 1 km, naek ojek dari situ, atau jalan dikit ke Stasiun Lampegan, disitu banyak ojek. Dari pertigaan ini nyasar dimulai. Harusnya dari tulisan Stasiun Lampegan 1 km, kami belok kiri patah ke Situs Gunung Padang, karena gak ada tulisannya, kami lurus. Pas pertigaan tanjakan kebun teh gak ada orang, mas ojeknya mulai ragu karena jalan jelek & gak ada penduduk, mobil ke-7 (yes, i count passing by car), kita berentiin dan tanya arah (ganteng cuy, hahaha). Dia bilang, 5 km sampe ketemu jalan gede dan bagus, indomaret belok kiri, 3 km ntar ada warung bakso dan tanda gunung padang (sound simple right?) Itu udah jam setengah 4 sore. Ekspektasi ane, setelah bukit ini, bakal ketemu Gunung Padang, jadi kalo ada mobil ke atas berarti ke Gunung Padang. “Ngikut mobil xenia depan aja, pak.” Pas ketemu pertigaan jalan tanah, kami kehilangan jejak xenia, tanya ke orang lokal ditunjukin arah xenia pergi, pas ditanya mau kemana, mereka bilang, “udah kelewatan, bisa pake rute xenia tapi lebih jauh”. Waktu itu gw mikir, 8 km ngga terlalu jauh (lupa kl pake motor lbh lama), “lewat rute yang ditunjukin mobil awal tadi aja pak).” 5 km terlewati dan belom ada tanda-tanda nemu jalan bagus, gw mulai desperate, apalagi matahari udah mulai turun, jam 4 sore, pikiran aneh dan worst case scenario mulai muncul.

Nemu jalan bagus, kami ke kanan, ketemu indomaret, sadar salah, kami balik arah. Dari sini kami banyak tanya, patokannya kalo ada pangkalan ojek sebelah kiri ntar belok, naik ke atas ke penggilingan kayu. Kami lanjut sampe ketemu pertigaan tapi gak ada ojeknya, katanya, “kelebihan mas, masih di bawah lagi”. Nemu pangkalan ojek berenti, “masih di bawah lagi mas”. Aku mikir, kayaknya dari tadi liat gak ada jalan gede ke kiri, pas gitu ada pangkalan ojek sebelah kanan, dilihat sekilas kayak bukan jalan umum, karena dipalang & jalannya jelek. Tapi kami coba samperin (mas ojek asumsinya pangkalan ojek yg dimaksud adalah pangkalan ojek pas kami nemu jalan bagus itu). Daan ternyataa, jeng jeng jeng, ada plang biru tulisan situs gunung padang, HOREEE!!! Dengan penuh suka cita, kami mengikuti plang tulisan arah gunung padang, cukup gampang diikuti, tapi karena kapok nyasar, tiap pertigaan meski ada plangnya, kami nanya. Cukup jauh berkendara, ngelewatin jalan rusak, jalan alus, dan kebun teh. Tujuan jalan udah bergeser dari sasaran hasil, test skill kamera, ke nemuin tempat yang namanya Situs Gunung Padang. Find many moment yang oke kalo difoto, enak bawa kendaraan sendiri, biar bisa ngatur pace-nya. Jam 16.20, Kami sampai di Situs Gunung Padang, tau naiknya PR, ane ga buang waktu, langsung beli tiket 4rb daan tutupnya jam 5 sore. 😦 Mas ojeknya ane kasih 20rb buat minum sama rokok.

Naik ke atasnya, ngos ngosan 10 menit, jalan batu tinggi. Sampe atas udah pingin rebahan aja, kalo ga inget setengah jam lagi udah mau tutup. Pas disini, ngeluarin kamera DSLR, udah seneng, akhirnya bisa foto-foto, pas diklak klik, kok nggak bisa, padahal kamera udah ON. Curiga.. ane buka tutup batere-nya, daan ternyata, abis dicharge, baterenya lupa dimasukin lagi. @#%@^$&@$*@ Udah bawa berat-berat, jauh-jauh, capek-capek, huhuuu. Mission failed, tet tooot. Yaudah, ga usah baper, keluarin kamera hape, langsung naik lagi ke atas yang view-nya paling bagus. Entah karena buru-buru dan kecapekan, jadi ngga terlalu eksplore angle foto yang bagus. Abis foto tempat, keluarlah sang tongsis, sadar ane pergi sendiri. Diliatin orang-orang, sempet ada yang komentar, “naha ngga minta tolong kita atuhlah mba”. 😄

Jam 16.55 ane turun, pulang. Kali ini karena ngga mau nyasar lagi, dari awal kami spesifik nanya mau ke Cianjur kota, dibilang lurus aja sampe ketemu pertigaan jalan bagus ntar ke kanan, ketemu lapangan bola trus ke kiri, sepanjang jalan bagus lurus aja sampe Cianjur Kota (sounds familiar with the description?) Otak lelah udah ngga bisa mencerna patokan, tapi Kami jalan terus. Tepat di pertigaan, ketemu keluarga yang mau ke Stasiun Lampegan, mereka ngajak bareng biar Kami ngga nyasar. Aaah, akhirnya ada temen. Kami berpisah di pertigaan, mereka kasih hint, kalo mau ke Warung Kondang, lurus aja ngikut jalan, ntar ada pertigaan ke kanan, trus sampe Warung Kondang ke kanan lagi. Pas nembus di pertigaan tulisan Stasiun Lampegan 1 km, rasanya kayak @%*&^(@^% ternyata deket bangeeet kalo lewat sini, mana jalan bagus lagi (Alhamdulillaaah, ngga kebayang gelap2 magrib masih harus ngelewatin rute jalan jelek kebun teh). Nyampe sini jam setengah 6 sore. Ane ketawa, dasar miss extreme, maunya nyoba rute terjauh, hardcore, hahaha. Pas sampe di pertigaan Jalan Nasional III Warung Kondang udah jam 6 sore dan sampe dalem terminal Pasir Hayam jam setengah 7 malem. Tapiii, kok udah ngga ada bis Maritaaa, nanya ke bapak-bapak yang lagi benerin bis, deket pool bis Marita, katanya kalo malem bis Marita ngetem di luar terminal. Ane siapin mental, kalo gak ada bis, minta anter mas ojek ke penginapan. Ternyata bis Marita yang pas di pintu masuk, lampunya mati, yang ngetem mau berangkat ada di deket yomart, seberang pintu masuk Terminal Pasir Hayam. Pas aku bayar mas ojeknya 150rb (ane naikin 30rb) karena nyasar jd lebih jauh dan lama. Ternyata dia ngiranya, 120rb sekali jalan, padahal di awal udah dijelasin sampe balik ke Terminal Pasir Hayam. I know, this typical to happen dan untung bujet ane lebih. Dia nembak 200rb PP, diiyain biar cepet kelar.

Trip ini perginya butuh effort 7.5 jam untuk foto 0.5 jam, haha. Kupikir, bakalan kapok, tapi ngga juga. Se-well planned apapun rencana, pasti ada unsur surprised-nya. 🙂 Tips yang mau kesini,
1. Ikutan aktif tanya arah dari awal pas ketemu penduduk setempat. 2. Pastikan kesepakatan harga & rute awal akhir sama mas ojeknya. Kesimpulan sementara, ternyata ane masih berani disuruh membolang sendiri. 😀 Next trip ke Cianjur naik kereta trus kuliner yg blm kesampean, cari teh tubruk, sm foto landmark, 3 jam ckp. Sama ke puncak nyobain paragliding! 😀 Keep adventurous, darling! ;D