The Long Await New Zealand Trip Part 1, 21-22 Jan 2016

Day 0, Thursday, 21 Jan 2016. Seperti biasa, sebelum berangkat ngetrip pasti ada kerjaan gede, walhasil H-1 keberangkatan masih lembur sampe jam 8 PM. Yawes, sekalian ngeprint itinerary, list hotel, rute nya ntar ngandelin GPS, sama buat browsing in case emergency beli SIM ae disono, gpp agak mahal NZD 30-35 buat 1 GB. Nyampe rumah jam 9 PM, belom packing sama belom compile paper BLDP, pesawat ke Denpasar berangkat jam 5 AM, jadi paling telat kudu berangkat ke T3 jam setengah 3 AM. Alamat ngga tidur nih, haha. Untungnya, yang mau dibawa udah disiapin, tinggal masukin ke tas.

Awalnya, mau bawa deuter 45 liter, pas liat bawaan dikit, ganti tas 30 liter. Ternyata baju hanya makan space 1/3, keuntungan bawa baju tipis. 🙂 Kelar packing jam 11 PM, kok ngantuk ya, tidur-tidur ayamlah sampe jam 1 AM, lanjut compile paper abis itu, dikebut sejam Alhamdulillah jadi. Ane ketawa ketiwi sendiri pas kirim imel jam 2 AM, kesan orang kantor pasti si mba rajin amat. Kenyataan: kirimnya setengah jam pas mau berangkat ke bandara, haha (psst dont tell the HR guy!)

Day 1, Friday, 22 Jan 2016. Pesawat DPS-CHC sebenere berangkat jam 14.25, trus kenapa ane berangkat CGK-DPS jam 05 AM (sampe DPS jam 08 AM?) Karena check in Intl Flight min 3 jam sebelum keberangkatan, at 11.25 AM. Jarak 08 – 11.25 AM, 3.25 jam udah pas buat jaga-jaga in case pesawat CGK-DPS delay. TIPS! Selalu sediakan 3-5 jam antara 2 flight in case pesawat delay, supaya ngga ketinggalan pesawat dan harus issued tiket lagi Abis landing, ane ke mushola, repack sama ngecek kalo ada yang ketinggalan. Ternyata yang ketinggalan adalaah selfie stick! Penting ituuh, kami traveling cuma bedua, kalo ga ada itu, foto bareng kami pasti cuman dikit. Yaweslah, ntar jam 10 pergi ke Kuta, nyari ke toko elektronik, sambil nunggu, rebahan & tidur dulu.

Jam 10 naik taksi ke Kuta, 7 menit, iseng nanya ke supir, katanya banyak di pinggir jalan, dan beneran ada (IDR 100k deal di IDR 50k, harusnya bisa dapet IDR 35k). Baliklah kami ke Ngurah Rai, kali ini ke Intl Departure. Ngehubungin Partner In Crime, dia udah landing di SUB dr BPN, berangkat dr SUB jam 10 AM & sampe DPS jam 12 AM. Later i realized untung turun taksinya langsung di Intl Departure, lumayan 10-15 menit jalan dr Domestic Arrival, haha. Masih sempet makan di Intl Departure, tapi mehong, paling murah IDR 150k 😦 ngga tau kalau di Intl Arrival ada Bangi yg harganya < IDR 100k.

Pas disini, dapet kabar, pesawat sohib delay 2 jam jadi berangkat jam 12 AM sampe DPS jam 02 PM, ane saranin ganti pesawat. Unfortunately semua pesawat SUB-DPS delay 2 jam. Sohib minta di-check-in, modal foto passport sama tiket dia. Pas di meja check in, rupanya ngga bisa check in kalo ngga ada orangnya, pun minta pesawatnya nunggu, ngga bisa 😦 Aku cariin tiket reroute via skyscanner, Virgin DPS-CHC transit di OZ, IDR 6 jt, berangkat dari DPS jam 05 PM), later I knew need transit more than 8h (requires visa). Ane ingetin sohib, buat cancel hotel day 1 sama sewa mobil. Karena dia masih riweuh, ane minta dikabarin setelah tiket beres.

Kalau sohib cancel trip, berarti ane solo trip, opsi sewa mobil ganti jadi public transport, ane belom ada bayangan sama sekali. Que sera sera, tiket udah di tangan, harus tetep pergi. Jam 01.45 PM boarding, sohib belom ngabarin. H2C, ane berdoa supaya keajaiban terjadi, pesawat delay dan sohib nongol di pintu pesawat. Miracle didn’t happened that time. Karena kurang tidur, ane langsung pules. Ternyata di JetSt*r, in flight entertainment-nya bayar, makanan AUD 10-15, ane beli spring water AUD 3, rencana makan di MEL. Sampe MEL jam 11 PM, ane langsung ke transit area, ternyata ngga ada tempat makan. 😦 Untung ada free wifi dan dapet kabar sohib reroute DPS-SYD-ZQN-CHC at IDR 6 jt naek JetSt*r, 3 kali flight, berangkat dari DPS jam 9 mlm, smp CHC 23 Jan Sabtu jam 06 PM. Sohib minta ane ambil mobilnya dulu biar ngga hangus, ane ngga berani nyetir sendiri ke kota, haha. Kami sepakat ambil mobil bareng jam 06 PM.

Ngga nunggu lama, jam 11.30 PM ane boarding, beli sping water NZD 3 (terlalu ngantuk beli makan), sampe ZQN jam 06 AM. Ngisi formulir stated goods yang dibawa dari Indo, ane centang makanan, outdoor tools, sama obat. Pas di imigrasi ditanyain, “why did you ticked medicine?” Ane jawab, karena ane bawa obat maag, diare, pusing, panas, pilek, dll. Petugas imigrasinya heran, “you just 10 days stay in here, what could go wrong?” Malu-malu, ane admit, “err, im pretty often got diarhea.” Jawaban ngena yang bikin si petugas geleng-geleng kepala, hahaha. Trus di custom, ditanyain lagi, “What kind of food that you brought?” “Noodle, dry cake, tea & coffee.” “Maggie?” “Yes, kind of.” Dan petugas custom senyum-senyum maklum. “What kind of outdoor tools that you brought?” “Flip flop.” “What kind of medicine that you brought?” “Personal medicine.” Trus dia jelasin, bahwa yang ngga diperbolehkan adalah bawa buah & sayur ke NZ, ngeliat ane terlalu jujur kali yak. Yah, daripada gak dilaporin trus kena denda NZD 400.

Nemu i-SITE (Information Tourist Center), ane ambil brosur & peta kota yang mau dikunjungi. Laper karena belum makan malam, ane ngegasak Bagelen, bersyukur banget bawa roti dari rumah (ngga ada tempat makan di Intl Arrival), sambil ngeliatin fajar menyingsing jam 7 AM (waktu NZ lebih cepat 6 jam dr waktu di Indonesia). Traveler pro pada udah dapet spot PW buat tidur (di bawah kursi & di deket tembok). Ada pasangan yang tidur di antara 2 kursi sambil menghadap sunrise, they give each other good night kiss before sleep, it made my heart warm. 30 menit kemudian petugas bandara bangunin mereka, ngga ngebolehin tidur disitu. Ane seneng ngeliatin traveler yang tanpa malu-malu tidur di bandara. Setelah capek perjalanan jauh, hal pertama yang diinginkan adalah meluruskan punggung dan kaki. I can see the real side of the people when travel. Maybe that’s why, I feel like being human again when I travel.

My First Sunrise in Christchurch, New Zealand

Sambil nunggu kantor APEX buka, ane bersih-bersih trus browsing. Hostel day 1 hangus, Kami harus cari hostel di Christchurch, < IDR 350k per orang, ngga terlalu masuk kota (newbie nyetir), free wifi & parkir. Dapet di All Stars Inn on Bealey, 6 female dorm, NZD 34 ea. Jam 9 AM, ane naik free shuttle ke Apex, ngurus administrasi, pembayaran, sama ambil kunci. Total sewa mobil+GPS+full insurance 8 hari = NZD 622.88 sudah termasuk full tank fuel day 1, sehingga Kami terbebas dari kewajiban balikin mobil full tank fuel di day 8. Ane tanya, meski kunci udah diambil, bisa ngga mobil diambilnya jam 6 sore, ternyata bisa, sekalian register sohib jadi second driver. Ane tanya juga, jam tutupnya Apex & jam set 7 PM masih ada free shuttle ke kantor APEX ngga, jawabnya masih. Aku taruh tas di mobil, trus hop in free shuttle APEX lagi ke bandara.

Coverage 3G Vodafone & 2 Degree bagus kalau baca di review, salah satu menyarankan 2 Degree, harga paket datanya bersaing. Tapi ngga ada counter 2 Degree di CHC Airport, akhirnya ane beli SIM Card Spark di Intl Arrival, counter Vodafone belom buka. Harga SIM Card Spark NZD 30, trus sama mbaknya dibantuin ngaktifin paket data 500 MB. Bus stop di Christchurch Airport ada di dekat rental pick up spot (tadinya ane pikir mobil rental dibawa kesini, ternyata kita dianter ke kantor APEX buat ambil mobil). Bus dari Christchurch Airport ke City Center No. 29 (via Fendalton) bisa juga naek bus warna ungu, harga tiket NZD 8 bayar ke sopir, lama perjalanan 20-30 menit. Karena mau turun di Bealey Av, ane naik Bus No. 29. Salah satu misi ane naik bus ke kota adalah survey rute dan tingkat kepadatan jalan. Pemandangan menuju kota Christchurch mind blowing! Jarak antar rumah lebar, halaman depan & belakang luas penuh bunga, warna rumahnya cantik.

Jalan menuju Christchurch Airport ada 3-4 lane (termasuk safety stop), mobil ngga terlalu banyak & beberapa perbaikan jalan. Untung jalan ke All Stars Inn on Bealey lurus. Sambil mantengin GPS (download free app maps.me di playstore trus download peta offline NZ), setelah melewati Fendalton Rd, bus ambil jalur kanan, siap-siap mau belok ke City Center. Ane pencet bel, turun di Bus Stop perempatan Harper & Bealey A, trus jalan, gaja! Setelah jalan 5 menit, kok belom sampe ya, rupanya All Stars Inn Christchurch ada di ujung Bealey Av setelah Geraldine St sekitar 1.5 km jalan kaki . 😦 Sampe sana jam 11 AM, ane early check in, ternyata baru bisa check in jam 02 PM. Ane mandi & ganti baju setelah taruh jaket di storage room, been 24h + on the road without shower, seger! TIPS! Selalu bawa sikat gigi, sabun mandi, handuk kecil, CD & kaos ganti di tas untuk keberangkatan.

Habis mandi, I’m ready to hit the road! Tapi.. kok laper yah, mari Kita cari makan ke arah City Center. Ane nemu mart di pertigaan Barbadoes St, sangu air putih & memutuskan beli 2 bar coklat buat makan siang, total pengeluaran NZD 5. Berbekal peta dari i-SITE, ane menuju Christchurch Library, ngadem. Masuk sana ane amazed, bisa langsung masuk & baca di tempat tanpa akses anggota, ngga perlu nitip tas & bisa bawa minum, pilihan buku banyak & modern! Ada manga, video, kumpulan lonely planet, buku belajar bahasa asing, free internet yang banyak kursinya, ane langsung jatuh cinta (nerd detected, I know).

Jalan kaki di Christchurch gampang, karena bentuk jalan kotak dan hampir setiap perempatan ada nama jalan. Kalau kesasar tinggal lihat nama dua jalan dekat kita, posisikan peta sesuai nama jalan, cari tempat tujuan, lalu kesana. Anehnya, meskipun udah ngikutin peta i-SITE ane masih kesasar. Insting jalan mendekati Town Hall, waktu lihat nama jalan & mencocokkan di peta i-SITE malah menjauh. Hal itu terjadi 3 kali selama 30 menit hingga ane sadar, sebaiknya menggunakan aplikasi maps.me. Voila! Sampailah ane di Christchurch Town Hall yang rupanya belum jadi, lanjut ke Victoria Square yang banyak bunganya (kuning, putih, ungu, merah) & ada South African War Memorial. Ada food truck, ternyata jual NZD 5 ice cream (PHP-in orang laper..)

Lanjut ke Christchurch Cathedral yang rusak parah akibat gempa bumi 5.9 SR di 2010. Kawasan ini termasuk kawasan walkable. Ada patung John Robert Godley (Irish man & founder of Canterbury in 1850), Chalice (modern sculpture in form of inverted cone), catur ukuran gede & Christchurch future city concept. Ngeliat orang main catur bikin hati hangat, 2 orang ngga saling kenal, bisa terjadi interaksi. Christchurch future city concept mau dibikin kayak Venice, jadi orang bisa naik sampan lewat bawah jembatan. Yang unik dari pameran future city concept ini, ada photo boothnya gratis! Sibuklah ane pasang tampang cool, fotonya cepet banget trus anglenya ngga oke, jadilah 3 kali jepretan ancur semua fotonya, hahaha. Mesin nyetak foto 2 lembar, yang 1 ane tempel di luar foto booth bareng foto lain, sapa tahu ada yang ngakak liat pose ane.

Puas foto-foto, ane jalan ke Latimer Square yang ada Spires Sculpture-nya (neo-gothic-esque, idenya dari damaged Christchurch Cathedral, artisnya sama dengan yang bikin Chalice Sculpture). Tamannya luaaas banget, ada tempat duduk di pinggir, ane istirahat. Ga banyak aktivitas di taman ini, Christchurch is a city designed to be walkable provided with park to rest when tired walking. I can imagine my self visit park and do live sketching just to spend the evening. I made a promise to my self, back then in hometown, I will visit park more often. Trus ane nyadar, kayaknya di taman & sungai ane selalu lihat ada sculpture. Bagus juga idenya, untuk penanda & menambah estetika taman kota.

City strolling continues as I saw Margaret Mahy Family Payground. Lebih tepatnya, ane nyari pohon buat ngadem di sekitar Avon Jetty, panas bok! Nyamperin food truck hanya untuk di-PHP-in lagi sama es krim. 😦 Masuknya gratis dan mainannya ada trampolin, semprotan aer, semacam flying fox, perosotan lebar, unsteep climbing, dll. Di Avon Jetty, anak kecil pada ngasih makan ikan sama ngeliatin bebek. Dan disini diperbolehkan untuk main kayak gratis (kayaknya bawa sendiri).. Ane mupeng sungai di Jakarta bersih, aman dipakai kayaking, & dikasih fasilitas kayak, it will be heaven hey PemKot Jakarta.. Duduk di pinggir Avon Jetty, ane ngeliat ada yang lagi piknik sama keluarga, ngobrol sama teman sebaya, tidur di rumput sambil baca buku, it feels lovely (sambil nulis ini ane pertimbangin baca buku di Ragunan, relevan? haha)

Belok ke New Regent St, ane kayak liat replika Braga, small shop district yang dicat warna warni lembut. Dari tadi ngga liat tempat makan, rupanya terpusat disini.. Ngelirik menunya, harga sekali makan NZD 15-20. Kemana lagi habis ini? I didnt do research places to go within city, more to places between cities. Ada taman apa di maps.me, ane kesana, haha. Dan di Barat Daya Christchurch City Center, ada Hagley Park yang gede banget! Jalan kesini ngelewatin kantor Deloitte yang tinggi (ngga banyak bangunan tinggid City Center), rute tramway, bangunan bertuliskan everything going to be alright, Christchurch City Council that has carved wooden powhenua written Te Pou Herenga Waka, Art Gallery (di depannya kayak ada baling-baling angin) & child dyslexia center.

Di depan Hagley Park, ada museum Canterbury & Robert McDougall Gallery (tag linenya create a place to remember, just like me, create memory to remember). Di Hagley Park juga ada Danau Albert, Victoria, KiosK & Botanic Gardens. Udah ngga kuat jalan karena udah jalan 5 jam (10k langkah ngebakar 300 kal) & udah jam 4 PM, setengah jam lagi kudu naik bus ke bandara jemput Partner In Crime, ane leyeh-leyeh. It will sound weird, but I found the tree of my dream. Rantingnya kokoh & lebar, daunnya menaungi panas & menghembuskan angin yang bisa buat tidur. Anyone knew the name of this tree?

Jam 4.15 ane OTW Bus Interchange di Colombo St melewati Bridge Of Remembrance (dedicated to those who died in WW I). Liat di Papan, bus ke Airport (via University, yay!) ada di Platform C, sebelah kanan pintu kedatangan kita. Rute bis ini lebih panjang daripada Rute Bis No. 29 (via Fendalton) dan ngelewati kampus yang sepi. Lapangan rumputnya luaas dan lagi pada main futsal, beberapa cewek di pinggir lapangan nonton. Ane mikir, sebelumnya pengen sekolah lagi di NZ, ngeliat universitasnya sepi, kayaknya dipertimbangkan. At the end of wide campus park, ane liat semacam komplek rumah mungil nan rapi, I wonder if its the dorm. Abis itu, baru ane ngeliat kayak semacam tempat cukur, tempat makan, dll untuk mahasiswa berjarak sekitar 5-10 menit jalan kaki.

Nyampe di airport, ane mati gaya. Yaudah, ane ngebolang ke Domestic Arrival, rupanya Domestic Arrival & Departure nyatu & ngga ada pemeriksaan, ane bisa masuk ke sebelum gate tanpa pemeriksaan. Dan yang paling penting, lebih banyak tempat makan, ngecharge & lebih sepi! Ada BK yang familiar & harganya paling murah, NZD 11. Tetiba teringat perjalanan ke Vietnam, Kami juga makan di BK (we play our way, indeed). Kenyang, batere penuh & kedinginan AC, ane keluar Domestic Departure & duduk di rumput. Ngecek suhu hari ini, wakkk, 30 derajat! Pantesan panas banget, gosongg dehh, huhu.. Partner In Crime landing and we had reunion in Domestic Departure, we do a little jumping because after all what she been through, she is here!

It was 6 PM, we wait free shuttle APEX for 10 minutes, but no show up until we called the office. We register her SIM A as second driver and we done! Driving officially started. But before, we need to do groceries shopping in Countdown near Airport, simply because the parking lot is big & not crowded. We dont know how to pay park fee so we asked inside, he said it is free for 2h. We bought lots of stuff and end up at NZD 73, haha. We buy enough food to be cooked for 3 days, well its worth over our NZD 60/2 ppl for 2 days, not to mention eating outside. Our will be menu is potatoes curry, tuna cheese sandwhich, sausage spaghetti carbonara. We bought coffee, microwave safe and spoon plastic for lunch, 8 bottle mineral water, snack, as well shampoo, soap & toothpaste. It turns out we have to scan the groceries by our selves, and it took time because we need to find out where the barcode and because we didnt get used to. The employee became impatient and decided to help us (thanks & sorry!)

First drive we drove at low speed, less than 50 km/h as we are in the city, it was safe one. We found and parked easily as well because still not many car parked at 9 AM (the sun just set at this hour). Her curry cook taste awesome! Because too tired & already comfortable with the bed, we didnt checked the city at night. Beside, we need to depart early in the morning to Akaroa at 9 AM. Some of our dorm buddy prepared to hit the city and I was doozed off at 10 PM. Been a long day. <To be continued to Part 2>