Sri Lanka Trip Preparation


Berawal browsing AA dari KUL (biasanya murah dr sana) Aug 2015 pas istirahat siang (ngga tahu lagi promo day 1), ane nyari destinasi liburan 4-9 Mar 2016 (6D5N cuti 2D). Pilihannya antara lain Korea, Sri Lanka & Manila @IDR 1.6-1.8 jt PP. Nge-WA temen, dia bilang Sri Lanka aja, anti mainstream, bener juga sih. Trus ane inget pernah lihat Adam’s Peak di Nat Geo, konon disanalah Nabi Adam AS diturunkan dari surga (ada jejak kakinya), caption itu berkesan & membuat ane berbisik “someday, i will go there.” Ane issued tiket secara impulsif IDR 1.7 jt PP. Pas udah bikin itinerary, rupanya 6D5N ngga cukup karena jarak antar destinasi jauh. Ane lupa bulan apa, AA memberi kabar kalo tiket diresched > 1 day, ane bisa ubah tanggal pulang jadi Minggu, 13 Mar 2016 for free! Yayy! 😀

TIPS! Memilih destinasi liburan gampang-gampang susah. Biasanya, ane ngelist harga KUL-destinasi, nyocokin sama budget (USD 50/day utk SE Asia), tanya ke temen yg mau diajak ngetrip buat share cost, nyari destinasi yg ada koneksi sm inner self & milih dr sana.

Visa SL is next! Waktu itu ada 3 pilihan: VoA (USD 35), via online 5 menit tapi ngga ada cap di passpor (USD 30), mengurus ke kedubes Srilanka di Jl Diponegoro No 70, Menteng. Ane pilih VoA biar ngga ribet & ngga perlu nyiapin dokumen khusus, apalagi masa berlaku passport ane tinggal 5 bulan & baru perpanjang passport 1 minggu sebelum hari H. Temen geleng-geleng ngeliat kenekadan ane (tenang, ane pernah baru dapet visa pas hari H, bahahaha).

Cek suhu di tempat tujuan. Biar ngga salah kostum. Suhu Kota Colombo-Polonnaruwa-Sigiriya-Kandy-Nathannaliya (Dalhoise)-Tissamaharama Feb 2016 berkisar 27-33 deg C & sunny. Suhu Nuwara Eliya-Hatton-Ella 11-23 deg C (mungkin karena elevasi tinggi) & kadang hujan.

Rent car or public transport? Setelah menghitung budget & browsing, Kami memutuskan pake public transportation. Hasil browsing bilang ,”menyetir di SL memberikan tantangan tersendiri, kita tidak tahu jalan, bahasa & kondisi mobil, kadang jalan padat truk & bus, lebih baik sewa mobil dg supir.” Konsep semula sewa mobil (USD 50-70/day) dg supir, tapi budget membengkak jd IDR 13.4 jt tanpa tiket, sementara budget max kami IDR 10 juta dg tiket.

Estimasi biaya operasional. Mata uang Sri Lanka adalah Sri Lankan Rupees (LKR). USD to IDR 13.6k, USD to LKR 132, LKR to IDR 105. Budget public transport (inside + between cities) & entrance fee USD 15/day (LKR 1980 or IDR 204k). Budget hotel USD 15/day. Budget makan USD 10/day (LKR 1320 or IDR 136k). Rencananya Kami beli makan di SL karena murah & ngga ada shared kitchen. Contingency USD 140.

Tuker Duit ke LKR. Ane rencana nuker USD ke LKR di Colombo, karena ngga ada yg jual LKR di Jakarta. Bejo, temen nemu money changer yg jual LKR di Midvalley KUL, 3.25 MYR per 100 LKR, MYR to IDR 3.2k. Ane butuh LKR 64k = 2080 MYR = IDR 6.66 Jt buat 11D10N.

Barang-barang yang dibawa.

  1. Backpack & cover 30 litre, tas hiking, sandal gunung & kaus kaki pendek 2.
  2. Waterproof jacket & payung, sunglasses & hat, kain pantai.
  3. Baju tidur 1, 3 celana panjang & 5 kaos tipis, kemeja flanel buat luaran pas panas, CD kertas 3 pak (jadwal ngetrip kejar setoran bikin ngga sempet nyuci).
  4. Handuk & peralatan mandi < 75 ml, sunscreen, obat pribadi & obat nyamuk.
  5. Kamera & selfie stick, extention cable & universal adaptor, powerbank & headset.
  6. Wadah minum, notes & pen, itinerary, hotel & tiket, senter & portable mini fan.
  7. Makanan biar ngga bosen kari.

Berlanjut ke postingan Sri Lanka Itinerary 11D10N yaa:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s