Let’s Get Lost at Srilanka Part 1, 4-6 Mar 2016


Gomen nee! It’s been 1 month since my last post. My division merge to other division, and it made me having fast paced work environment plus additional role dragged me here and there. I know I shouldn’t make excuse, but, since I already here, shall we have a date? 🙂 I want to tell you story …

Day 0, Thursday, 3 Mar 2016 Itinerary & bookingan hotel sudah diprint, tinggal web check in air asia sama malindo. Ditelp samsung service center, tablet udah selese dibenerin & bisa diambil di PGC. Sebenere trip ke Sri Lanka ngga perlu tablet. Pas di NZ, ane bela-belain bawa tablet just for being able to play ti**er, nyahaha. Jam setengah 10 PM baru packing, ngga banyak drama menjelang keberangkatan kali ini. >:3

Day 1, Friday, 4 Mar 2016 Pesawat ane dr KUL-CMB mundur jadi jam 09.00 PM, ane nyiapin 3h antisipasi delay flight CGK-KUL + 2h antri imigrasi flight KUL-CMB, berarti ane kudu sampe KUL jam 04.00 PM. Flight CGK-KUL perlu 3h, jadi ane naik pesawat jam 01.00 PM. Bikinin SMUK buat orang kantor trus jam 10.00 AM cabut ke Terminal 3 Soekarno-Hatta, ternyata cepet, jam 11.00 AM dah sampe. Kirain bisa leyeh leyeh karena flight masih jam 01.00 PM, eh, ternyata flightnya dari Terminal 2D, ya wes naek free shuttle bus kesana. Tapiii check in malindo warbiyasa panjang sodara sodara, jam 12.00 PM ane baru kelar check in, boarding jam 12.40 PM. Imigrasi juga antri (padahal bukan long weekend), ane baru masuk gate jam 12.25 PM. Di gate, ane web check in AA dulu, trus minta Partner In Crime ngeprint tiket.

Pas masuk pesawat, ane baru tau kalo Malindo adalah joint flight co antara Malaysian Defense Ministry & Aum Air, kirain 100% punya Aum Air. Pesawatnya baru & bagus, ada in flight entertainmentnya. Ane ngebatin, apa ini termasuk 200 pesawat yang diborong Aum Air dari Boeing? Kalau iya, pantesan dia bikin 2 anak perusahaan sekaligus. Landing jam 04.30 pm, ane dikontak Partner In Crime, ane salah masukin no passport dia. Ane muter ngelewatin imigrasi & meet up sama dia jam 06.00 PM deket counter check in T5 & ternyata dicap doang. Di foodcourt, ane makan ayam, masih kangen ayam abis balik dr NZ (bukan karena abis baca webtun untouchable loh ya, haha). Abis itu antri imigrasi, eh panjang juga imigrasinya, baru kelar jam 7.20 PM trus OTW ke Gate Q13 sekalian sholat, jam 08.30 PM boarding. Perjalanan KUL-CMB 3 jam, beda waktu 2 jam (lebih lambat) dari WIB. Kami mengamati orang-orang kebanyakan Chinese, membuat Kami menduga sebagian besar penumpang AA ke Colombo berisi turis, lalu Kami pun terlelap, ZZZ …

Landing jam 10.30 PM, Kami celingak celinguk cari tulisan VOA, rupanya ada di sebelah kanan kedatangan sebelum imigrasi. Ada 2 line (2 tahap), tahap 1 ngasih passport ke petugas trus masuk ke line 2 bayar USD 40 & dikasih kuitansi. Negara SAARC (India, Nepal, Bhutan, Maldives, Pakistan & Bangladesh) membayar VOA USD 20, setengah harga. Line antriannya ngga jelas, jadi pinter-pinterlah baca antrian ya. Kami pindah antri imigrasi, yang lama banget. Pas giliran ane, mesinnya rusak, ngga mau baca passport, ibu petugas manggil IT kayaknya, abis itu langsung bisa. Selain distempel, passpor ane dikasih tempelan stiker. Yang lucu, duty free arrival Bandaranaike Sri Lanka isinya elektronik (mesin cuci, kulkas, TV, you named it).

Kami nyari counter taksi sama SIM Card, tujuan pertama ke counter SIM Card dulu. SIM Card di Sri Lanka yang oke coverage-nya menurut wikivoyage yaitu Dialog Axiata sama Mobitel punya Sri Lanka. Paket data Mobitel lebih murah, informasi dari situs wikivoyage, map coverage Dialog Axiata lebih luas karena menjangkau Yala, destinasi Kami di Day 8. USD to LKR 132, LKR to IDR 105. Pas lihat paket data Dialog Axiata di bandara, mereka cuma punya paket data 6 GB seharga LKR 1300 atau USD 10 (gimana cara ngabisin paket data 6 GB dalam 1 minggu???) Tanya harga paket data ke Mobitel, mendingan dikit, harga paket data 5 GB adalah LKR 1000 atau USD 8 (bandingkan sama paket data 2 GB di Indonesia seharga USD 6.5). Tadinya demi alasan risk allocation coverage data, Partner In Crime beli Dialog Axiata, ane beli Mobitel. Ane ngasih HP buat di-set sama petugas counter Mobitel, registrasinya ngga kebaca, petugasnya bilang mending cari provider lain. Ane balik ke counter Dialog Axiata jam 12.00 PM. Partner In Crime ke counter taksi & nanya harga taksi ke City Motel Inn, LKR 2600 dari budget Kami LKR 3000.

Kami pikir harga taksi di dalam bandara lebih mahal dari taksi di luar bandara. Kami ke luar dan nanya tiap counter, jawabnya mirip, LKR 2600. Nanya 1 counter terakhir sebelum memutuskan naik yang mana, counter terakhir agak lama kasih jawaban, mata udah siwer ngantuk. Ngga ada pool taksi disana. Sementara nunggu jawaban si counter, ane browsing recommended taxi in Colombo, nemu blog ini. Yang oke kangaro, kango, etc. Ane naksir kango taksi karena pake meter, tapi jarang yang lewat. Ada juga budget taksi Sonit, etc (mobilnya kecil banget bok, lebih kecil dari Karimun Estillo, belakangnya kayak dibagi 2). Ternyata harga taksi di counter taksi terakhir ke City Motel Inn harganya sama kayak yang di dalem, LKR 2600. Ane nyetop budget taksi Sonit, dia bilang LKR 2400 ke Colombo Fort (10 menit jalan kaki ke City Motel Inn), naiklah kami. Ada drama, SIM si abang ini ditahan sama polisi karena dia park in the wrong side pas naikin kami. Jadilah dia muter bandara berkali-kali minta SIM-nya balik ke polisi. Setelah muter yang ke-5, polisi menghampiri dia, si abang ngasih LKR 500, trus dia minta maaf ke Kami karena nunggu lama, sambil jelasin SIM dia ditahan karena SIM temporary, nah lho.

Si abang nawarin mau lewat tol atau jalan biasa, males bayar tol, Kami bilang lewat jalan biasa aja, lalu ane nge-tag GPS ke arah hotel. Kami haha hihi di jalan, lihat bentuk hotel di Colombo depannya kayak warung. Si abang lewat rute terjauh, ngelewatin hotel Kami dulu baru Colombo Fort. Rekomendasi shortest route di maps adalah via Colombo Fort baru hotel Kami. Pas kami bilang mau ngarahin, si abang tanya, ” mau ke City Hotel kok ke arah sini?” Kami jelasin, hotel Kami adalah City Motel Inn bukan City Hotel, dia minta kertas bookingan hotel yang ada no telpnya dan telp ke hotel tentang lokasi hotel. Mulailah si abang ngomel tentang harga kalau harganya ngga LKR 2400, tapi LKR 2600. Ane diem aja, kalau si abang lewat Colombo Fort trus ke City Motel Inn (rutenya lebih jauh), harga nambah masih wajar. Rute si abang lebih dekat ke hotel Kami & minta harga naik. Awalnya Kami ngga mau naikin, karena mata udah sepet, ane kasih LKR 2500. Bukan penipuan sih, harga normal ke City Motel Inn LKR 2600 di bandara, ngga well defined tujuan & harganya aja di awal. TIPS! Pakai taksi di dalem bandara aja, ngga ngantri & harganya standar segitu.

Day 2, Saturday, 5 Mar 2016 Sampe hotel udah jam 02.00 AM. Hotelnya udah tutup tapi petugasnya masih ada. Kami beli 1 mineral water 1 liter LKR 100 karena toko udah tutup semua, sama nanya jadwal kereta dari Colombo Fort ke Polonnaruwa. Resepsionis bilang, adanya kereta sambung dari Colombo Fort ke Galloya trus nyambung dari Galloya ke Polonnaruwa, berangkat jam 03.45 AM. Kami berpandangan, kayaknya ngga sanggup tidur cuma 1 jam, pengen rebahan. Kami memutuskan tetap naik kereta hasil browsingan Kami, Udaya Devi berangkat jam 06.05 AM. Sekalian beresin tagihan hotel, LKR 2960 atau USD 20/room.

Hotelnya isi 4 twin bed yang sudah usang, kamar mandinya sharing tapi bersih & ada hot shower, pegel badan jadi hilang. Kalau kipas angin dimatikan, kamar jadi panas & pengap, yawes cuma dipake tidur 3 jam ini. Kami bangun jam 05.00 AM trus jalan ke arah jalan gede dari sebelah kiri hotel buat naik tuk-tuk LKR 200 ke Colombo Fort. Sampe sana, Kami kebingungan karena ngga ada papan informasi dalam Bahasa Inggris. Antrian terbagi ke 4 peron, ane ambil posisi antri di peron 4 yg tulisannnya all destination. Partner In Crime nanya ke petugas, kudu antri di peron berapa & ternyata benar di peron 4. Saat itu jam 05.55 AM. Ane beli tiket 2nd class (non AC, hard seat) Udaya Devi ke Polonnaruwa, dia bilang berangkat jam 06.05 (ternyata keretanya bener ada, hasil browsing situs luar reliable) seharga LKR 320.

Untuk ukuran Sabtu pagi, Colombo Fort crowded banget, kayak kereta jurusan Bogor – Jakarta hari Senin pas jam berangkat kerja. Pas udah masuk stasiun, Kami bingung lagi, ini cara baca peron & gerbong keretanya gimana ya? Kami bertanya ke petugas & disuruh ke peron 4. Celingak celinguk, peron terdekat dengan Kami adalah peron 5, seharusnya peron 4 di sebelahnya, tapi lewat mana ya nyebrangnya. Mata Kami tertumbuk ke jembatan penyebrangan, naik tangga trus turun lagi ngikutin insting. Celingak celinguk lagi, nyari tulisan No 4 buat mastiin keretanya bener. Rupanya No. nya ada di jembatan penyebrangan. Kami masuk kereta hanya untuk bingung lagi tentang mana gerbong 2nd class. Kami tanya ke kakek yang lagi duduk, “you can sit anywhere unoccupied but not this seat because it’s reserved.”Oke, Kami pindah ke gerbong berikutnya dan duduk di tempat kosong sambil was-was kalau ada yang bilang itu tempat duduknya, ternyata ngga ada. Kami taruh tas di atas, lalu mengamati suasana di luar kereta, mirip sama kereta di Indonesia jaman dulu.

Jam 06.05 AM teng, keretanya berangkat (keren, tepat waktu). Temen langsung tertidur sementara ane lihat sunrise. Perjalanan akan memakan waktu 8 jam, sampe jam 02.00 PM masih banyak waktu buat tidur, pikir ane. Lalu baru inget, sebaiknya tidur sekarang mumpung udaranya masih enak, > jam 08.00 AM sudah panas (33 deg C). Kami mati gaya selama perjalanan. 8h 2nd class train termasuk hardcore, terakhir ngerasain kebanting dalam kendaraan adalah ketika naik kapal cepat Kartini dari Semarang ke Karimun Jawa 2011 pas ombak tinggi, siap-siaplah kebanting atas bawah & depan belakang ya kalo ngikutin itinerary Kami *grin. Teman duduk di depan Kami sudah berganti beberapa kali, termasuk ibu yang kecopetan dompet pas dia berdiri. Temen nyobain makan roti tanpa isi LKR 30, ane nyobain gorengan kentang & jagung pake cabe goreng, rasanya plain, LKR 50. Jam 12.00 PM, penumpang rata rata udah turun di Galloya.

TIPS! Gimana cara Kami tahu, harus turun di stasiun mana? Ada 4 cara : 1. Estimasi waktu dari keberangkatan, 2. Mantengin maps, cara ini ngga berhasil karena sering ngelag,  3. Tanya sama orang sebelah, 4. Browsing stop station between Colombo Fort & Polonnaruwa di wikipedia, see Batticaloa Line, siap-siap turun waktu 1 stasiun sebelumnya. Cara yang kami gunakan adalah cara 1, 3 & 4.

Ternyata keretanya ngga berhenti di semua stasiun yang ditunjukin wikipedia. Kami siap-siap nurunin tas setelah melewati Galoya junction. Pas itu kereta udah sepi & lagi berhenti. Kami iseng nanya ke orang lokal, ini sudah di stasiun mana, jawabnya Polonnaruwa. Tanya lagi ke orang lain, jawabnya sama. Buru-buru Kami gotong tas & keluar kereta, pas banget pas keretanya mau jalan jam 01.30 PM, ahaha. Pas keluar peron, tiketnya diminta (ngga ada cek tiket pas di atas kereta). Laper karena belom makan pagi, kami cari tempat makan. Dan terjawablah misteri mengapa hotel di Colombo berbentuk seperti warung, karena memang halaman depannya dipake buat warung! This is our first chicken rice & curry. Rasanya enak, kayak opor ayam merah di indonesia. Makan siang abis LKR 500 ditambah Mirinda orange, panas bok dan mereka ngga punya es teh. Porsi 1 orang gede banget.

Kami sewa tuk-tuk ke Ancient City Polonnaruwa, minta didrop karena asumsi kami banyak tuk-tuk di entrance atau exit location. Kami dibawa ke supir tuk-tuk lain setelah deket sama Museum Polonnaruwa (tempat beli tiket). Supir tuk-tuk lain nawari paket tur 3 jam include tiket masuk LKR 6000. Tadinya ane mengerutkan kening dengar harganya, setelah lihat itinerary, harga 1 tiket masuk LKR 3900 which means LKR 7800 belum termasuk tuk-tuk (lebih mahal), akhirnya kami setuju – yang ternyata keputusan tepat, karena ngga ada tuk-tuk mangkal di Ancient City Polonnaruwa. Di akhir tur, ane bilang ke supir tuk-tuk tentang hal itu, dia bilang “you see, we tell people how the situation is, but sometimes people did not listen.” Ane jadi mikir kenapa, kesimpulan sementara ane, mungkin karena mereka berpikir banyak terjadi scam di Sri Lanka, which did not happened to us, that time.

Pertama, Kami diantar ke kolam tapi bukan Kumara Pokuna, letaknya di Selatan kota (kayaknya 2nd Canal Rajamaha Viharaya). Habis itu, lanjut ke Potgul Vehera (Ancient Library) yang berupa tempat terbuka. Masih di kompleks yang sama, kami foto-foto Maha Parakramabahu statue.

Habis itu, Kami menempuh perjalanan 10 menit via New Town Road untuk masuk ke main entrance Ancient City Polonnaruwa. Pertama, Kami ke Palace Complex of Parakramabahu, lanjut ke kompleks Hetadage, Dalada Maluiva, Watadage, sama Thuparama Image House.

Lanjut ke Siva Devalaya No 2, Manik Vehera, Rankoth Vihara, pas itu udah jam 03.30 PM. Kompleksnya emang gede ternyata, kalau jalan kaki bakal butuh waktu > 3 jam & panas banget (33 deg C), tuk-tuk is good way to go this place. Dehidrasi, ane beli es kelapa seharga LKR 60 atau IDR 6k, enak banget! Rasa manisnya pas! Kelapanya muda, warna oranye dan bentuknya agak lonjong. Kami tanya jam bis terakhir ke Sigiriya ke supir tuk-tuk, jam 04.30 PM.

Partner In Crime pengen banget ke Gal Viharaya, mau lihat reclining Budha, supir tuk-tuk nawarin 2 opsi, ke Gal Viharaya atau ke kompleks Kiri & Lankatilaka Vihara, karena waktunya mepet. Akhirnya, Kami milih ke Kiri & Lankatilaka Vihara, sesuai saran supir tuk-tuk, katanya Kita bisa lihat patung reclining Budha dimana-mana, iya juga sih.

20160305_161657
Lankathilaka Image House

 

Jam 04.30 PM, Kami pergi ke Polonnaruwa Bus Stop di pertigaan New Town Road & naik bis jurusan Dambulla jam 05.00 PM seharga LKR 80. Kami minta tolong supir tuk-tuk buat ngomong ke kondekturnya supaya nurunin kami di Inamaluwa Junction. Buat jaga-jaga, Kami juga ngetag google maps, butuh 60 menit, tiba sekitar 06.00 PM. Partner In Crime langsung terlelap saking capeknya, ane takut ketiduran pas harus turun, jadi ane melek. Namun ternyata, google mapsnya ngelag. Jadilah sepanjang perjalanan ane menerka-nerka sudah sampai mana berdasarkan kelokan jalan. Bangunin Partner In Crime 5 menit sebelum turun, trus Kami naik tuk-tuk ke Green Grass Homestay di Sigiriya 10 menit seharga LKR 300. Sampe homestay, bener-bener kudu ngelewatin green grass, haha, kebunnya lebat  & mati lampu sampe jam 07.30 PM. Ane mandi sekalian nyuci (diterangi lilin sama senter), soale bawa stok baju dikit biar bawaan ngga berat. Pas lampu sudah nyala, Kami pergi ke luar & lihat-lihat cuma ada sedikit tempat makan (<7), ane beli es krim coklat jajanan anak kecil seharga LKR 5 atau IDR 500, enyaaak, yang jual ketawa-tawa liat ane ngenyot es krimnya anak kecil, hahaha. Kami pesan makan malam di homestay seharga LKR 450 termasuk air mineral 1.5 liter buat ke Lions Rock besok, soalnya ngga ada stall yang jual minum di Lions Rock. Tempat makan Croissant Hut yang mau ane coba, ternyata punya Green Grass Homestay juga, tapi lagi ngga buka.

Makan malamnya super! Pesen rice & chicken curry, eh side dishnya yang datang banyak banget, ada dal, potato, beans, papadam (perpaduan kayak krupuk & pangsit). Ane naksir papadamnya gurih banget, nanya ke ibunya katanya banyak dijual di toko, bentuknya bulet tipis dari tepung terigu, isi 10 per pak, awet disimpen sampe 1 bulan, seharga LKR 80 atau IDR 8k, digoreng pake minyak kelapa. Ane niat beli buat di kantor, tapi lupa. 😦 Later we realized bahwa lidah Kami cocok sama makanan Sri Lanka selama berupa masakan rumahan (homestay). Kalau baca blog orang Indonesia yang pergi kesana, tantangan utamanya adalah menyesuaikan lidah dengan rasa masakan Sri Lanka. Here is one of my favorit stay in Sri Lanka, because we able to sleep soundly & friendly owner.

Day 3, Sunday, 6 Mar 2016 Kami berangkat ke Lions Rock naik tuk-tuk, LKR 100 jam 07.00 AM (biar naiknya ngga terlalu panas), entry-nya agak masuk ke dalam (HTM LKR 4260 atau USD 30). Sigiriya merupakan monastery yang unik, dibangun pada abad ke-5 AD, 200 m di atas batu granit, arsitekturnya dibuat harmoni dengan alam, terdiri dari bangunan istana, teras, kolam, lukisan, pahatan, dan ancient hydraulic technology fountain garden. UNESCO mendeklarasikan Sigiriya sebagai Heritage Site pada 1982. Ekspektasi ane tentang Lions Rock adalah there’s nothing in between except at the top. Eh, ternyata banyak yang bisa dilihat.

Sampe setengah Lions Rock (kuil yang ngga boleh foto-foto) belum terlalu tinggi nanjaknya, setengah jalan ke atas (setelah kuil) baru nanjak. Pas disini, kerasa pengurus Sigiriya care sama safety & health pengunjungnya, mulai dari tangga spiral dibikin kayak cage (ane berasa jadi burung), di atas disediain tenda medis & refill air minum, kebersihan terjaga, HTM USD 30 is worth it.  Di bagian tertentu, wall Lion’s Rock Sigiriya membuat teringat The Siq Petra, bedanya Lion’s Rock batu granit & The Siq batu sedimen.

View di sisi bukit satunya bagus, terlihat 2 danau dari jauh. Banyak yang foto loncat at the top. Perjalanan naik ke Lions Rock butuh 4 jam PP, termasuk foto-foto, it was an easy one. Ane bahkan lihat cewe Jepang naik ke Lions Rock pakai dress putih panjang, di fotonya Partner In Crime tampak seperti penampakan photo boom, haha. Jam 11.00 AM kami turun & ambil foto Lions Rock dari bawah. TIPS! 1 hal yang Kami sadari ketika turun adalah memakai baju berwarna biru langit ketika setting bepergian berupa gunung. It stand out tapi ngga ngerusak pemandangan.

Jam 11.30 AM, kami makan di Chooti, restoran recommended by trip advisor in 2014 LKR 600, pesen bihun yang porsinya aduhay, Kami lupa harusnya pesen 1 aja, sama jus jeruk yang enak banget, later we know, rata-rata jus di Sri Lanka seger dan enak (should order juice for your drink while in Sri Lanka). Ada salah satu dinding restoran Chooti yang dipake coret-coret komen sama turis, yang lebih berkesan lagi, pas makan, tetiba Kami denger ada yang pake Bahasa Indonesia. Sontak, Kami mempertajam pendengaran. Rupanya lagunya berasal dari sepeda roda tiga anak-anak, “Family family ini sepeda baruku, family family hadiah dari ibuku.” This, make me surprised & proud that Indonesian made is imported to Sri Lanka. Pas mampir warung, Kami baru ngeh bus ke Dambulla lewat depan penginapan Kami & lagi ngetem, walhasil Kami buru-buru ambil tas ke penginapan & masuk ke bus, LKR 50, turun di Dambulla bus station, perjalanan butuh 30 menit dari jam 12.30 PM.

Pas sudah sampai Terminal Dambulla, Kami bingung, karena lihat ngga ada plang bis jurusan Kandy, akhirnya Kami nanya ke police station deket situ, trus ditunjukin nunggu bis Kandy di depan terminal (bis warna merah, ada tulisan Kandy). Rupanya jurusan ini populer, karena orang berebut naik, untung ane dapet duduk buat perjalanan 2 jam sd 03.00 PM, seharga LKR 80. Sampe Kandy, Kami turun di kantor pos, trus jalan kaki 6 menit ke Charlton Kandy Rest, gampang nyarinya. Ownernya nanya apa Kami mau upgrade (kamar fan LKR 3.0k, kamar AC LKR 3.7k), karena panas kami pilih kamar AC (beda IDR 70k). Ane cancel booking dari 2 hari jadi 1 hari disini, karena penginapan di Sri Lanka hampir semuanya belum pakai online system, ane ngga kena biaya cancellation *grin. Trus dia nawarin tiket ke Kandyan dance, LKR 1k jam 05.00-06.00 PM, lanjut ke ceremony di Temple of The Tooth jam 06.30 PM, LKR 1k juga. Kejadian lucu sejak dari hotel ini, kemanapun pergi, pasti ane dikira turis Jepang (dalam hati ngakak, wong item gini, wkwkwk). Ane nebak kenapa dikira turis Jepang maybe because Partner In Crime looks like Chinese. Trus, pas ada tamu orang Jepang, ngga pake konfirmasi, ownernya memperkenalkan Kami sebagai sesama orang Jepang (failed abis, hahahaha!)

Kami ngga perkirakan budget Kandyan dance sebelumnya, teringat pengalaman nonton wayang orang di Vietnam, it gives new experience, yawes, ntar itung-itungan lagi. Kami dapet welcome drink pepsi free! Trus dikasih maps Kandy. Kelar check in jam 03.30 PM, kami punya waktu leyeh-leyeh. Jam 04.50 PM, Kami berangkat setelah ngetag lokasi di Cultural House, butuh 13 menit naik tuk-tuk & Kami booking tuk-tuk LKR 1250/ppl untuk ke Pinnawala, Botanical & Bahirawakanda Temple, ternyata kami dapat tambahan spice garden, tea factory & gems museum. Kalau punya budget lebih, pertimbangkan upgrade ke mobil (LKR 1.5k/ppl). Kami agak nyari lokasi Kandyan dance di Cultural House, pas udah sampe, acara sudah mulai 10 menit. Dan ane langsung ngga nyesel beli tiketnya. Ane merasa kayak lagi terdampar di kondangan kerajaan Sri Lanka jaman dulu. Total ada sekitar 9 dance, diselang-seling dance cewe (cantiknya eksotis – diaminin sama Partner In Crime), cowo, bad character yang pakai topeng. Per tari memakan waktu sekitar 6 menit.

Setelah habis, Kami dipersilahkan keluar, melihat mereka menari sambil berjalan di atas bara api & menempelkan api yang menyala di tangan mereka tanpa meninggalkan bekas luka bakar. Kelar dari sini, Kami buru-buru ke Temple Of The Tooth, melewati pemeriksaan bawaan, nitip sepatu & beli tiket. Disini Kami dikasih CD gratis. Pas masuk, rupanya para monk sudah masuk ke ruang tengah, tinggal yang menabuh drum yang masih di luar. Ditunggu 10 menit, ngga ada tanda-tanda pergerakan, akhirnya ane berkesimpulan, prosesi ini masih lama, jadi sebaiknya ane keliling dulu.

Ane masuk 1 ruangan dimana banyak lukisan yang bercerita tentang awal mula Budha lahir sampai beliau mangkat, dimana saat dikremasi, ada gigi Budha yang utuh tidak terbakar, sehingga dinamakan Temple Of The Tooth. Trus ikut antri, naik ke lantai 2 yang penuh, rupanya tempat Tooth disimpan dalam lonceng emas yang shiny. Keluar dari situ, trus ane ke tempat lilin yang nuansanya kayak penuh harapan & ada tempat berdoa yang suasananya syahdu. Di belakang Temple Of The Tooth, ada International Budhist Museum. Ane puas banget ke Temple Of The Tooth di Kandy ini, fotonya cantik pas malem, soon it become my favorite city in Sri Lanka, selama di jalan, Kami mendengar lantunan doa yang somehow membuat hati ini tenang.

Lalu Kami jalan melewati pinggir danau Kandy jam 07.30 PM mau makan di Slightly Chilled Lounge Bar yang katanya happening banget, tapi ngga nemu udah jalan setengah jam. Tanya ke orang lokal, mereka nyaranin ke Food City aja karena makanan di Slightly Chilled mahal, minumannya aja LKR 700. Nurut mereka, Kami ngga jadi kesana. Mereka juga nawarin kami homestay seharga LKR 1k (murmer), tempatnya oke bisa dihubungin via email di subhashika20@gmail.com, sayangnya Kami hanya 1 malam di Kandy.

Akhirnya Kami naik tuk-tuk LKR 300 ke Food City, pas muter danau, Kami nemu The Garden Kandy, alternative tempat makan Kami. Akhirnya Kami stop disitu & makan chicken khottu (kayak kwetiau dipotong kotak2, lumayan enak), LKR 300, Partner In Crime pesen jus anggur yang enaak banget. Habis itu balik ke hotel. Selama perjalanan ke hotel, ane liat polisi bertugas dekat danau, ane berbisik dalam hati, terima kasih pak polisi, karena sudah mendedikasikan waktunya untuk menciptakan rasa aman bagi warga sipil seperti Kami. Tetiba terdengarlah lagu Blackstreet Boys, yang As Long As You Loved Me, jadilah ane karaokean, Partner In Crime geleng-geleng, karena ane random banget, haha.

Gimana? Puas ngga sama updatenya? Ini baru Part 1 dan rada panjang, selanjutnya tunggu terbitan Part 2-nya lebih seru lagi get lost-nya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s