Let’s Get Lost at Srilanka Part 3, 10-13 Mar 2016

Day 7, Thursday, 10 Mar 2016. Kami bangun jam 06.00 AM, sarapan sambil liat sunrise view & berangkat trekking ke Ella’s rock jam 07.00 AM. Kami diantar naik tuk2 sama owner homestay ke Kital Ella railway 5 menit free, lanjut jalan kaki 1.5 jam dengan guide LKR 1500 (guidenya minta dicarikan ke owner homestay malam sebelumnya). Kami bilang ke guidenya kalau kaki kami masih pegal habis trekking ke Adam’s Peak, jalan Kami agak lambat. Guidenya senyum2 tapi tetep cepet jalannya, walhasil Kami sering tertinggal, haha. Trekkingnya melewati kebun teh & jalan tanah, track terberat sekitar 1 km terakhir, agak nanjak. Kami sampai kedua disini, jadi bisa foto sepuasnya! 🙂 Habis itu, Kami ngaso beli air kelapa LKR 100. Kami kira destinasinya hanya Ella’s rock, ternyata masih ada 2 destinasi, 1 view Ella & 1 temple. Karena viewnya mirip, ane mencoba foto memakai B612 dengan berbagai efek foto, hasilnya lumayan.

Rute perjalanan pulang beda dengan rute berangkat, masih melewati rel kereta api. Perlu waktu 4 jam untuk eksplore Ella’s rock dsk termasuk foto-foto. Kami tiba di hotel jam 11.00 AM dan ternyata sudah disiapkan free juice sama istri owner homestaynya (baik banget). Ane buru-buru mandi karena bis ke Tissamaharama hanya lewat sekali jam 11.30 AM, info dari owner homestay. Kami check out dan bayar LKR 3670 ke Will Guest Homestay + LKR 250 untuk spiced tea tadi malam. Kami naik tuk2 LKR 200 ke pinggir jalan lokasi bis lewat dan ternyata bis ke Tissamaharama jam 12.50 PM. Kami nunggu kepanasan di pinggir jalan (33 deg C), untung ada payung, tapi payungnya ane tinggal karena momot kena angin, haha. Pas nunggu bis, ada yang nawari naik jeep ke Tissamaharama at USD 25/ppl (4 seater), Kami menolak halus karena hanya punya budget LKR 290 atau USD 2.2 buat naik bus. Kami sangu minuman dingin LKR 100.

Sampai Tissamaharama bus station jam 03.30 PM, banyak yang menawari Kami paket tur jeep ke Yalla National Park, Kami menolak halus karena Kami sudah booking USD 60 + LKR 435/ppl (incl jeep 4 seat+ fuel + entrance LKR 3000 + driver + fruit + water + binocular + lunch) untuk full day (05.00 AM – 06.00 PM) safari via safarijanaka@gmail.com. Kami naik tuk2 ke City Guest House, namun Kami diantar ke Emerald hotel, dekat Main Street. Ini termasuk scam, karena harga kamar AC-nya murah, 2 malam LKR 4575, jadi ya sudah. 🙂

Kami telepon safarijanaka buat tanya berapa orang yang akan berangkat bareng Kami besok, ternyata baru ada Kami, jadi aman, bisa berasa private tour. Pilihan tempat makan malam di Tissamaharama sedikit, kami makan ayam goreng crispy LKR 1350 + french fries di Tissamaharama bar. Namanya aja bar, tapi lebih mirip warung. Tissamaharama merupakan kota kecil, ngga banyak yang bisa dilihat. Jadi Kami ngabisin paket data nyetel yutup di kamar.

Day 8, Friday, 11 Mar 2016. Jemputan safarijanaka datang on time 05.00 AM, drivernya menawarkan membelikan kami rotti LKR 200 untuk makan pagi. Sesampainya di pintu gerbang, rupanya sudah banyak jeep mengantri menunggu loket buka. Kami antrian ke-5. Drivernya bilang, waktu tepat untuk lihat leopard sebelum jam 09.00 AM & 04.00-06.00 PM,  di antara kedua jam tersebut, karena masih panas biasanya leopard bersembunyi di semak2.